Wizard Animation

Saturday, April 21, 2007

STRESS DI KANTOR? - INI SOLUSINYA

Pekerjaan kantoran kadang berubah menjadi ajang kumpulnya orang-orang yang stress akibat tekanan pekerjaan yang begitu banyak. Stress memang bisa datang kapan saja. Tapi ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari, mengurangi bahkan mengatasinya dengan mudah. Mau tahu caranya?

1. Kesempatan
Tahukah anda bahwa setiap masalah yang datang adalah kesempatan yang dapat anda pakai untuk membuktikan diri bahwa anda sanggup menakklukannya? Karena itu, ingatlah akan kapasitas yang anda miliki dan bertekadlah untuk selalu mengembangkan kapasitas dengan cara menghadapi masalah. Dengan begitu, stress bisa anda ubah menjadi antusiasme.

2. Bernafas
Dari segi fisik, ketika orang menghadapi tekanan dan mulai menghadapi stress, pernafasan menjadi lebih cepat dan tidak stabil. Akibatnya, tingkat stress yang lebih tinggi bisa menyerang. Karena itu, jika mulai merasa stress, tarik nafas panjang dan keluarkan perlahan lewat hidung. Ini cara termudah untuk mengaktivasikan ketenangan.

3. Teratur
Untuk menghindari stress, anda bisa mulai mencoba gaya hidup yang lebih teratur. Pastikan semua jadwal kegiatan tercatat dengan benar. Pastikan anda selalu tepat waktu. Pastikan semua pekerjaan anda ada catatan yang jelas, sehingga jika ada masalah, anda bisa mudah melacak. Dengan hidup yang teratur, stress bisa dihindari.

4. Positif
Menurut penelitian, mengembangkan pikiran positif setiap hari benar-benar bisa berpengaruh pada cara kerja otak. Otak yang terbiasa dengan hal-hal positif, bisa bekerja lebih cepat dan efektif, serta bisa bereaksi lebih baik terhadap krisis.

5. Tidur
Menurut sebuah survey, 60% dari orang yang gampang stress adalah orang-orang yang tidak cukup tidur. Dan menurut survey lain terhadap para pekerja, tiga perempatnya menyalahkan kurang tidur mereka sebagai penyebab mereka mudah stress. Karena itu, habuskan minimal 7 jam waktu anda dimalam hari untuk tidur. Zzzzz…

6. Menyimpan
Apapun yang anda kerjakan, selalu biasakan untuk menyimpan data pekerjaan anda dengan benar. Misalnya jika anda bekerja dengan komputer, pastikan data anda di-back up. Dengan biasa menyimpan hal-hal yang penting dengan benar, anda bisa juga menghindari stress-stress tertentu yang tidak perlu terjadi.

7. Cahaya
Ketimbang selalu sibuk didalam ruangan, sekali-kali berjalanlah di luar ruangan dimana matahari bersinar diatas kepala anda. Secara psikis bagi kebanyakan orang, 5 menit sinar matahari bisa menyerahkan pikiran ketimbang mengurung diri terlalu lama dalam ruangan.

8. Bergerak
Sebagai rahasian umum, olahraga mampu melancarkan peredaran darah sehingga stress dan akibatnya bisa dikurangi. Olahraga 15-25 menit minimal sehari bisa dilakukan untuk membuat anda tidak rentan lagi terhadap stress.

9. Pikirkan reaksi
Pada dasarnya, semua masalah yang datang akan berakhir entah dengan satu atau berbagai cara. Ketika masalah itu selesai, kita baru bisa menengok ke belakang dan menilai apa reaksi kita terhadap masalah itu. Kalau reaksi kita buruk akibat stress yang menguasai, kita akan menyesal kemudian. Karena itu setiap ada masalah, belajarlah untuk tenang dan tidak membiarkan stress menguasai supaya dengan kepala dingin kita bisa menyelesaikan masalah dengan cara yang terbaik.

10. Agama
Bahkan studi terhadap stress sendiri membuktikan bahwa hanya orang yang memiliki agama, percaya adanya Tuhan dan rajin berdoa-lah yang sanggup menghindari dan menguasai stress. So, believe in God and your life will be OK!

No comments: